Resmikan IDTH, Presiden: IDTH Menjadi Pusat Inovasi dan Memperkuat Ekosistem Digital

Depok (IDTH-BBPPT) – Pada Selasa (07/05/2024), Presiden Joko Widodo meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) yang merupakan transformasi dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Peranngkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Saya mengharapkan IDTH ini tidak hanya menjadi tempat uji sertifikasi, tidak boleh berhenti sekedar pengadaan alat dan teknologi saja, tetapi juga menjadi tempat untuk mendorong inovasi, memperkuat ekosistem teknologi digital lokal dengan kemudahan akses sertifikasi”, ucap Presiden Joko Widodo pada acara peresmian IDTH di Depok, Jawa Barat.

Menkominfo dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa IDTH dilengkapi dengan fasilitas canggih berkelas internasional untuk menguji fitur-fitur perangkat digital.

IDTH dibangun di Tapos Depok, Jawa Barat di atas lahan seluas 22,723 m2 dengan luas bangunan 11.953 m2. Fasilitas ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang dioperasikan oleh para profesional kompeten di bidang pengujian dan kalibrasi menggunakan metode dan standar internasional.

IDTH  memiliki 12 laboratorium sebagai berikut:

1.    Laboratorium EMC (Electromagnetic Compatibility) melakukan pengujian untuk memastikan bahwa suatu perangkat elektronik beroperasi secara normal di lingkungan elektromagnetik tanpa terpengaruh atau pun menghasilkan interferensi terhadap lingkungan sekitarnya, seperti laptop dan TV

2.    Laboratorium SAR & EMF melakukan pengujian untuk mengukur tingkat radiasi non-pengion dari pancaran gelombang elektromagnetik yang dihasilkan perangkat TIK yang menempel pada tubuh manusia, seperti HP dan tablet PC.

3.    Laboratorium Electrical Safety melakukan pengujian pada perangkat TIK untuk memastikan keamanan pengguna dari potensi arus bocor dan tegangan berlebih, seperti mesin fotokopi dan Set Top Box.

4.    Laboratorium Seluler melakukan pengujian perangkat yang beroperasi dengan teknologi seluler, seperti HP,BTS, dan GPS tracker.

5.    Laboratorium Radio High Power melakukan pengujian perangkat yang beroperasi menggunakan gelombang radio dengan power lebih dari 36 dBm, seperti HT dan radio maritim.

6.    Laboratorium Radio Low Power melakukan pengujian perangkat yang beroperasi menggunakan gelombang radio dengan power kurang dari 36 dBm, seperti NFC dan perangkat IoT.

7.    Laboratorium Laser dan Optik melakukan pengujian perangkat telekomunikasi berbasis Optik agar pengguna terhindar dari potensi paparan radiasi dari perangkat telekomunikasi berbasis Optik.

8.    Laboratorium Broadcast melakukan pengujian perangkat broadcasting seperti TV, set top box, pemancar TV, termasuk fitur early warning system.

9.    Laboratorium Kalibrasi RF untuk mengalibrasi alat ukur berbasis radio frequency seperti spectrum analyzer, signal generator, tv receiver, dan  masih banyak lagi

10. Laboratorium Kalibrasi Antena untuk mengalibrasi antena secara radiated

11. Laboratorium Kalibrasi Optik untuk mengalibrasi alat ukur berbasis optik

12. Laboratorium Kalibrasi Kelistrikan untuk mengalibrasi alat ukur berbasis listrik, seperti power supply, multimeter

 

Kedepannya IDTH akan berkembang tidak hanya menjadi laboratorium pengujian saja tetapi menjadi center of excellence atau pusat keunggulan baru dalam ekosistem digital.

IDTH merupakan wadah bagi kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industry, UMKM , akademisi serta Masyarakat untuk mengembangkan solusi teknologi yang inovatif yang turut mendukung pertumbuhan ekosistem digital dalam negeri.