IDTH dan PIDI 4.0 Gelar Pelatihan 5G Fundamental

Jakarta-IDTH  bekerjasama dengan  PIDI 4.0 (Pusat Industri Digital) Kemenperin RI dan Ericsson menggelar Pelatihan 5G Fundamental yang dilaksanakan di Gedung PIDI 4.0 Kebayoran Jakarta Selatan pada tanggal 9 dan 10 September 2024 yang diikuti oleh 60 peserta dari IDTH, laboratorium dalam negeri dan beberapa mitra PIDI 4.0.

IDTH dan 
Acara dibuka dengan sambutan dari  Felix Arill Simbara Barus selaku Ketua Tim Pilar Ecosystem, Showcase & AI dan Syaharuddin selaku Kepala IDTH. Dalam sambutannya, Felix mengenalkan peran PIDI 4.0 bagi kemajuan industri di Indonesia, salah satunya yaitunya yaitu adanya Capability Center. Capability Center PIDI 4.0 bertujuan membentuk SDM terampil dan kompeten di bidang teknologi 4.0 dari level frontliner hingga CxO. Hingga saat ini terdapat 55 industri dan instansi pendidikan yang bergabung sebagai mitra PIDI 4.0, dan harapannya akan semakin bertambah setiap tahunnya.

Dalam kesempatan yang sama, Syaharuddin menyampaikan bahwa sebagai IDTH sebagai laboratorium pengujian perangkat telekomunikasi terbesar di Indonesia perlu untuk cepat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan senantiasa meningkatkan kompetensinya. 

Selaku pemateri dalam pelatihan ini yaitu oleh Ericsson Indonesia, salah satu perusahaan penyedia jaringan seluler yang berpengalaman yang merupakan mitra dari PIDI 4.0. Topik pelatihan ini meliputi 5G Network Architecture, 5G Deployment Strategy hingga 5G Use Case.

Harapannya kerja sama ini dapat terus berkembang, sehingga pemerintah, industry serta masyarakat memiliki wadah bagi pengembangan kompetensi khususnya bidang teknologi.